Kamis, 26 Februari 2009

Harga Karet hanya Rp 4 Ribu/Kg

Kamis, 26/02/2009; 15:24 WIB
KOTAJAMBI-Petani karet di Jambi mengeluhkan harga karet yang turun hingga Rp 4 ribu/Kg. Padahal, sebelumnya harga jual karet mencapai Rp 6 ribu/kg. “Harga ini merupakan yang terendah dalam kurun waktu satu minggu ini,” ujar Talib, salah seorang warga Desa Tanjung Agung Kec. Muko-Muko Bathin VII Kabupaten Bungo.

Keluhan serupa juga datang dari Anwar, petani karet asal Desa Simpang Terusan Kec. Muarabulian. Menurut dia, harga jual karet di desanya kini hanya Rp 4.000 sampai dengan Rp 4.200/Kg untuk getah kering. Sedangkan untuk getah basah hanya Rp. 3.500/Kg sampai Rp. 3.700/Kg

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi, Ir Tagor Mulia Nasution saat dikonfirmasi membenarkan jika harga jual karet saat ini hanya Rp 4000/Kg. “Penurunan harga ini dipengaruhi krisis global yang sedang kita hadapi,” jelasnya. Ia juga menyarankan agar petani karet, hanya menjual karetnya ke poll lelang sehingga harganya bisa lebih tinggi. (infojambi.com/WAN

1 komentar:

marimajusahabat.wordpress.com mengatakan...

Ini lazim terjadi di semua lini di Indonesia Raya.. Sikap "Curang" dari Tauke/Pengepul yang akhirnya menyebabkan kecurangan di kalangan petani pada akhirnya merugikan semua pihak.

Petani cari "berat", Toke mau untung KKK (Kadar Karet Kering)... Sadarkan pekebun karet, bahwa yang di jual ke PABRIK adalah Karet, Bukan Air, batu, sampah dan lain2. Hidup Karet Indonesia.